Kamis, 06 Maret 2014

INDONESIA MEMILIH - PEMILIH CERDAS

2014 Tahun Politik. Berbagai partai politik meramaikan kancah politik Indonesia pada pemilu 2014 yang akan diselenggarakan April 2014 nanti. Semua partai sibuk membentuk pencitraan yang baik dimata masyarakat demi mendapat dukungan. Mulai dari metode blusukan, memasang iklan di berbagai media, dan sebagainya.
Sedangkan dari tahun ke tahun, jumlah pemilih yang golput semakin meningkat. hal ini menunjukkan pesimisme masyarakat terhadap pemerintahan Indonesia. Berbagai alasan dikemukakan sebagai pembenaran untuk golput. Tidak mengenal profil calon legislatif, tidak mengetahui cara memilih, tidak ada waktu, atau memang sudah kecewa dengan pemerintahan yang ada. Tapi sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya menggunakan hak kita untuk memilih siapa saja yang akan mewakili suara rakyat di kursi pemerintahan nantinya. Setidaknya itu hal kecil berpengaruh besar, yang dapat kita lakukan untuk perbaikan masa depan negara ini. 

PROFIL CALEG
Anda tentu tidak ingin menyesal memilih calon legislatif yang akan mewakili suara anda baik di DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten. Maka kenalilah profil calon -calon wakil rakyat tersebut. 

Profil para caleg dapat kita lihat di website resmi KPU kpu.go.id atau dct.kpu.go.id


Dalam website tersebut kita dapat mengetahui partai-partai yang mengikuti pertarungan politik dalam pemilu 2014, daftar nama serta profil para caleg DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten. Pada profil caleg ditampilkan data-data caleg meliputi riwayat pendidikan, kursus dan pelatihan yang pernah diikuti, riwayat pekerjaan, penghargaan yang pernah di dapat, dan sebagainya. 
Dengan mengetahui profil caleg setidaknya kita dapat memperkirakan dan menimbang kapabilitas serta kualitas calon legislatif. Sehingga dapat memilih caleg yang tepat dan pantas menduduki kursi pemerintahan. 
Tidak hanya profil caleg, dalam website resmi KPU juga terdapat  info-info terbaru mengenai KPU dan Pemilu 2014. Mari kita tingkatkan pengetahuan dan kepedulian untuk mengawal pemilu 2014, dengan harapan pemerintahan di negri ini akan lebih baik.

 
CARA MEMILIH PADA PEMILU 2014

Cara mencoblos yang benar dan ciri-ciri surat suara yang sah :
1. untuk memilih memilih anggota DPR dan DPRD , mencoblos satu tanda gambar partai DAN salah satu nama calon di bawah tanda gambar partai itu; ATAU setidak-tidaknya mencoblos satu tanda gambar partai saja.
 2. untuk anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) adalah dengan mencoblos foto calon yang ada di dalam kotak pada surat suara. 

Sementara itu suara yang tidak salah apabila: 
1. yang dicoblos hanya nama calon tanpa mencoblos tanda gambar partai
2. nama calon yang dicoblos bukan dari partai yang dicoblos. 
3. untuk anggota DPD, pemberian suara tidak sah apabila pencoblosan tidak di dalam kotak tempat di mana foto calon berada.

Pilihan yang tepat, dengan cara yang benar.
Let's be smart voters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar